Tipe Guru di Sekolah - Nychken Gilang

Rabu, 23 Januari 2019

Tipe Guru di Sekolah

Sekolah menjadi rumah kedua bagi siswa. Mereka menghabiskan setengah waktunya di sekolah meski ada saja siswa yang sekolah hanya sampai gerbang.

                     Aksarabaca.com
Sekolah bisa menjadi tempat paling mengasyikan yang membuat siswa tak mau pulang ke rumah,  mungkin mereka diusir keluarganya hehe. Sekolah bisa juga menjadi "Neraka" yang membuat mereka tidak betah, jam istirahat seolah angin surga bagi yang merasa demikian.

Banyak faktor yang membuat sekolah terasa nyaman atau tidak, salah satu faktornya pembawaan  guru dalam mengajar.

Berikut tipe-tipe guru ketika mengajar.

1. Guru Killer

Hasil gambar untuk guru killer
                      Ciricara.com

Guru tipe ini paling ditakuti siswa, tak ada siswa yang punya begitu banyak nyali untuk bercanda dengannya, bahkan sedikit gerakan saya membuat guru ini menatap tajam kesiswanya.

Guru killer mencinta "keheningan" ia ingin kelasnya selalu kondusif selama mengajar. Siswa harus tegak dan sepenuhnya fokus terhadap materi yang ia jelaskan.

Bagi siswa lelaki tak ada peluang untuk curi-curi pandang kepada gebetan. Waktu terasa lama ketika guru ini mengajar, tetapi setelah bel tanda pelajaran selesai berbunyi rasanya senang luarbiasa.

2. Guru Tukang Curhat.
Hasil gambar untuk suasana di kelas
                      Unicommunity.com

Guru tipe ini adalah pengajar yang tak pandang bulu ketika mencurahkan isi hatinya, bahkan di saat menjalankan tugasnya sebagai pendidik selalu diselipi curhat tentang problema hidup yang ia hadapi.

Entah apa tujuannya, ia menceritakan persoalan hidupnya kepada siswa. Mungkin secara tidak langsung ingin mendidik siswanya untuk terbiasa menghadapi masalah orang dewasa.

Guru tipe ini terkadang disenangi, terkadang juga tidak. Disenangi karena siswa merasa tidak perlu banyak belajar, tinggal mendengar curhatannya.Tidak senangi karena curhatnya perihal itu itu saja.

3. Guru Cantik/Ganteng
Hasil gambar untuk guru cantik
                         Kaskus.co.id

Guru tipe ini menjadi favorit siswa, terutama siswa yang genit. Guru yang memiliki paras memesona ini secara tidak langsung meningkatkan minat belajar siswa.

Dapat dipastikan tidak ada siswa yang membolos ketika guru cantik/ganteng ini mengajar. Semua siswa mendadak aktif dalam pembelajaran, guna menarik perhatian guru ini.

Terkadang banyak siswa yang lebih fokus kepada parasnya daripada pembelajaran yang ia sampaikan. Guru tipe ini harus lebih bersabar dalam mendidik siswanya, tak sedikit siswa yang mencoba menggoda guru cantik/ganteng.

4. Guru Humoris.

Hasil gambar untuk suasana di kelas
                              Youtube.com

Belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan saat guru ini tiba. Banyak siswa yang menjadikan guru humoris menjadi idolanya di kelas.

Selain gaya mengajarnya yang selalu menciptakan gelak tawa, pembawaanya yang santai membuat kelas semakin terasa nyaman.

Guru humoris selalu menyelipkan komedi di balik pembelajarannya yang membuat siswa terbahak-bahak mendengarnya. Ketika guru tipe ini mengajar, waktu seolah tak terasa.

Guru humoris pandai menyesuaikan dirinya dengan kondisi kelas. Guru ini memegang teguh prinsip, bahwa kegiatan mengajar dan belajar harus didesain semenyenangkan mungkin.

5. Guru Gaib.

Hasil gambar untuk suasana kelas
                   Reunisdnmangkulsby.blogspot.com

Guru gaib adalah guru yang lebih sering menungaskan siswanya untuk mencatat daripada masuk ke kelas. Guru tipe ini selalu punya banyak alasan untuk tidak masuk kelas.

"Ibu bayar listrik dulu, catat saja halaman 32 lalu kumpulkan, " setelah pelajaran selesai guru tipe ini tak pernah kembali ke  kelas.

Ada siswa yang menjadikan guru ini sebagai guru favoritnya karena ia merasa tak perlu belajar, dengan bebas bisa "mabar" mobile legend bersama teman sekelas, bahkan ada juga yang menonton film Korea memakai proyektor.

Awalnya guru tipe ini disenangi siswa tapi lama-kelamaan siswa menjadi gemas. Sekalinya masuk tak jarang guru tipe ini langsung memberikan ulangan kepada anak didiknya.

Apapun tipe guru ketika mengajar, hormarilah mereka. Sejatinya mereka adalah orangtua ketika kita di sekolah.

Apa tipe guru lain yang tidak disebutkan ? 
Comments

19 komentar

πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ aku suka tipe guru yg curhat dan humoris

Tipe ngantukan belum disebut. Atau tipe baca koran.

Kayaknya paling enak punya guru humoris ya 🀩 Biar ga pusing pala berbi udh kebanyakan belajar dan PR2. Butuh hati riang gembira dan bikin ketawa anak2 nih.

Aku paling suka tipe guru gaib. Selain menyeramkan, juga penuh misteri dan kejutan.

Aku guru bawa anak πŸ˜…

wwkwwkwk ngakak akuuuu
ada guru ghaib

Hahahahahah TRUE!! Aku paling kesel sm guru gaib. Yg kalo sekali masuk, ehhhh tugas brrtubi tubi. Paling suka guru killer. Karena aku orgnya disiplin klo kerjain tugas. Walaupun tugas hasil kebut semalem. Eh ga semalem sih, tapi H-2 jam saja. Wkwk

guru yang friendly...bisa dijadiin temen

semua kayanya pernah dapet deh!

hahaha baru tau ada istilah guru gaib! tp kalau dilihat dari penjelasannya ya semua udah aku alami deh πŸ˜…

Enak ga enak sma guru ghaib. Enaknya bebas di klas mau ngapain kyak jam kos. Gaenaknya tiba ulangan susah, keseringan nyatat. Kan ngeselin juga klo catat buku sampai abis

aku pernah punya guru killer plus ganteng, tapi ya gitu deh digosipin melulu karena doi killer + ganteng. mantan model, tapi galak. :P

zaman aku dulu ada guru jualan, hehe.. jadi guru seni rupa suka banget ngasih tugas ngambar. nanti yang nggak bawa buku gambar, pensil, rautan, dll. bisa beli ke gurunya, karena dia bawa jualan ATK.ke kelas, hihi..

Jadi kangen masa-masa sekolahπŸ˜„

Aku paling suka guru humoris jadi tidak ngantuk disekolah


EmoticonEmoticon