5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Travelling ke Luar Negeri - Nychken Gilang

Selasa, 19 Februari 2019

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Travelling ke Luar Negeri

Hai Guys, kali ini Agilang.id akan membagikan tips hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum travelling ke luar negeri.

                     Pixabay.com

Jalan-jalan ke luar negeri menjadi cita-cita tersendiri bagi generasi milenial. Selain untuk berfoto-foto ria yang nantinya akan diupload ke sosial media, travelling ke luar negeri juga membuka wawasan kita guys.

Ada beberapa hal dari negara lain yang belum Indonesia miliki. Kita bisa belajar hal-hal baru dari perjalanan yang kita lakukan. Membuka mindset agar lebih open minded.

Kebetulan Agilang.id seminggu lalu berkesempatan menjejakan kaki ke luar negeri, jadi lumayan bisa diikuti tipsnya.

1. Pastikan membeli tiket jauh-jauh hari.

                Dokumentasi pribadi

Travelling ke luar negeri pastilah harus membeli tiket, khususnya tiket pesawat. Kecuali teman-teman ada diperbatasan yang pergi ke negara lain hanya perlu jalan kaki.

Perihal tiket harus dipersiapkan jauh-jauh hari agar mendapatkan harga yang cenderung murah. Kalau pesan tiket seminggu sebelum keberangkatan apalagi sehari, dipastikan harga tiketnya akan lebih mahal.

Minimal sebulan sebelum keberangkatan jika ingin mendapatkan tiket yang lebih murah. Atau kalau ada waktu, pantengin situs penjualan tiket pesawat. Kalau teman-teman beruntung bakal dapat tiket ekstra murah.

Dulu teman saya dapat kelas bisnis pesawat hanya 60 ribu rupiah untuk perjalanan Jakarta-Malaysia luarbiasa bukan ? tapi harus up date info, karena tiket murah banyak diburu hehe.

2. Cari informasi terkait negara yang dikunjungi


                  Dokumentasi pribadi

Membaca adalah hal yang penting untuk segala aspek kehidupan termasuk travelling di dalamnya. Jangan sampai rencana ke luar negeri kita kacau gegara salah informasi.

Pastikan membaca informasi penting terkait negara tujuan misalkan tentang tempat wisata, hotel murah, makanan dan yang terpenting sedang musim apa di sana.

Jangan sampai mempersiapkan baju musim panas di Jepang, padahal di sana sedang musim salju. Berabe kalau sendirian lalu kedinginan, apalagi jomblo nggal ada yang peluk.

3. Perihal mata uang negara tujuan

                     Pixabay.com

Selama di liburan di negara orang, pasti kita akan belanja dong, namun belanjanya tidak akan memakai rupiah. Kita perlu mata uang negara tujuan.

Kalau pergi ke negara favorit wisatawan Indonesia pastikan menukar uang di Indonesia karena teman-teman akan memeroleh rate yang tinggi daripada menukar di Bandara atau negara tujuan.

Namun kalau pergi ke negara yang jarang wisatawan Indonesia ke sana pastikan uang rupiah kita ditukarkan ke dollar Amerika lalu di negara tujuan ditukarkan ke mata uang negara asal.

Itu kenapa ? kalau langsung ditukar ke mata uang negara tujuan di Indonesia ratenya akan jatuh. Penulis pernah menukarkan rupiah ke dong Vietnam di Indonesia, walhasil ratenya membuat sedih.

Beda hal kalau menukarkan ke dollar dulu, dollar Amerika cenderung memiliki nilai stabil diberbagai negara. Kita doakan rupiah bisa kokoh melebihi dollar Amerika nantinya.

4. Membawa obat-obatan pribadi

                     Pixabay.com

Tidak lucu bukan ketika berada di luar negeri dalam keadaan sakit. Agenda liburan jadi kacau bahkan lebih mengerikan lagi kalau kita malah dirawat di luar negeri.

Pastikan sebelum itu terjadi lebih baik membawa obat-obatan pribadi dalam jumlah yang cukup tidak terlalu banyak, kalau terlalu banyak nanti takut dicurigai imigrasi lagi hehe.

5. Membuat rancangan perjalanan

                     Pixabay.com

Hal ini menjadi sesuatu yang penting ketika travelling, baik itu di dalam maupun luarnegeri. Tanpa rencana yang matang, nantinya setiba di sana kita bingung akan pergi ke mana.

Meskipun pada realisasinya banyak rencana yang harus dibatalkan karena berbagai kondisi seperti tempat wisatanya tutup, kita kecapean atau kondisi yang tak terduga lainnya.

Hal terpenting kita sudah membuat perencanan sekalipun melenceng tidak akan terlalu jauh dari apa yang 
direncanakan. 

Minimal kita punya garis besar selama berada di negara tujuan hal apa saja yang akan dilalukan.

Jangan sampai ke luar negeri hanya tumpang tidur di hotel lalu pulang lagi. Boleh sih gitu tapi pastikan dulu teman-teman sudah luarbiasa kaya, tidur saja mesti di luar negeri hehe.

Semoga tips ini bermanfaat guys, dan semoga Allah menakdirkan kita untuk menikmati sisi lain indahnya dunia ciptaannya.
Comments

10 komentar

Meng-aamiinkan untuk paragraf terakhir ya A' ^^
Tipsnya sangat bermanfaat

Baiklah... saatnya saya coba tips di atas ahh.

Terima kasih banyak bang tipsnya

Jangan lupa bawa Paspor...😁😁😁

Aamiin! Iya rupiah sama dong vietnam bikin pengen nangis kalo dituker 😢

Aaminn semoga bisa kapan" ikutan ke luar negeri

Wah kl sy biasanya ikut yg gretongan aja.. Plg nyiapin pasport... Ama obat.. Eh duit jg dink bwt oleh" 😁

Saya agustus nanti insyaAllah mau travelling ke azerbaijan mas, udah cek2 tiket pesawat, tapi Anehnya harga makin murah kalau mesennya agak dekat hari, misal saya cek untuk tiket maret itu kebih murah ketimbang harga tiket di agustus, jadi saya bakalan pantau terusnharga tiket bulan juni atau juli nanti.

Kakau obat2an wajib sih, baling ga bawa obat panas badan dan diare, heheh

Kudu sehat fisik dan mental itu paling penting ya. Jangan lupa duit yg banyak hehehe 😁 Dokumen2, obat2an... foto2 yg oke buat kenang2an.


EmoticonEmoticon