Hidup Sehat dan Hindari Diabetes - Nychken Gilang

Rabu, 23 Desember 2020

Hidup Sehat dan Hindari Diabetes




Diabetes menjadi penyakit yang sangat mengerikan karena secara perlahan tapi pasti menggerogoti tubuh penyintasnya. Diabetes juga termasuk penyakit dengan dengan jumlah penyintas cukup tinggi. Menurut data yang dikutip dari World Health Organization menjelaskan bahwa penderita diabetes di Indonesia setiap tahunnya semakin meningkat. World Health Organization memperkirakan jumlah pasien diabetes di Indonesia khususnya tipe 2 akan meningkat signifikan hingga 16,7 juta pada tahun 2045. Hal ini bisa terjadi bila masyarakat Indonesia masih kurang sadar akan penyakit ini dan kerap menyepelekannya.

Secara global terdapat 425 juta pasien diabetes per tahun 2017 di dunia. Angka ini diperkirakan akan meningkat sebesar 45% atau setara dengan 629 juta pasien per tahun 2045. Komplikasi pada jantung dan ginjal menjadi penyebab utama kematian pasien diabetes di dunia. 75% pasien diabetes pada tahun 2017 berusia 20-64 tahun.

Indonesia menempati urutan ke-7 dari sepuluh negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi, yakni 10,3 juta pasien per tahun 2017 dan diperkirakan akan meningkat menjadi 16,7 juta pasien per tahun 2045. Dari data tersebut kita bisa tahu bahwa diabetes memang penyakit yang perlu mendapat perhatian khusus agar kita dan orang-orang terdekat tidak menjadi korban keganasan penyakit diabetes.


Di bulan November lalu yang bertepatan dengan bulan awareness diabetes, saya mendapatkan mengetahuan seputar penyakit diabetes sekaligus literasi untuk mencegahnya. Apalagi di era pandemi Covid-19 seperti ini orang yang memiliki penyakit diabetes lebih rentan, hal itu diperkuat dengan fakta di lapangan bahwa komorbid (Penyakit penyerta) terbesar nomor dua bagi orang yang terkena Covid-19 adalah diabetes. Dikutip dari Kemenkes per tanggal 13 Oktober 2020 bahwa yang terkonfirmasi positif Covid 19 sekaligus memiliki diabetes melitus sejumlah 34,5 %.

Fakta-fakta di atas seolah semakin menegaskan bahwa kita memang perlu literasi yanglebih detail seputar penyakit diabetes karena risikonya memang bukan main, oleh karena itu perlu adanya pemahaman serta pengetahuan yang cukup untuk bisa membantu orang-orang mengendalikan dan mencegah diabetes, terutama selama masa pandemi. Berkaitan dengan pemahaman dan literasi seperti di paragraf sebelumnya bahwa di acara awareness diabetes saya mendapatkan informasi dan pengetahuan yang cukup ilmu yang mumpuni dari Sun Life Indonesia yang memang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap penyakit diabetes. Di acara yang diadakan via daring menggunakan aplikasi zoom tersebut saya mendapatkan pengetahuan baru dari praktisi kesehatan yang memang mumpuni perihal penyakit diabetes.

Detail acaranya Sun Life bersama dengan RSCM dan Tropicana Slim kembali berkolaborasi mengadakan webinar dengan tema: Mengelola dan Mencegah Diabetes selama Pandemi. Ada tiga pembicara, Dr. dr. Em Yunir, Sp.PD, Rendy Dijaya, dan Soraya Larasati. Dipandu oleh Host dari Sun Life, membahas mengenai topik tersebut. Dalam webinar kita diberikan pemahaman bagaimana mengelola diabetes di masa pandemi ini.

Tiga Tips Mengelola Diabetes

Untuk lebih mudah dalam mengelola diabetes dalam tiga langkah. Tiga langkah ini disampaikan oleh Sun Life Indonesia yang harus diterapkan untuk mencegah dan mengontrol diabetes, yaitu :

1.     A1c Hemoglobin (Periksa kadar gula darah)

Interpretasi pemeriksaan gula darah:

-       Normal = < 6%

-       Prediabetes = 6% - 6,4%

-       Diabetes = > 6,5%

2.     Blood Pressure (Periksa tekanan darah)

Apabila hasil tekanan darah tinggi maka ini bisa memicu penyakit komplikasi lain

3.     Cholesterol (periksa kadar kolesterol)

Selain kadar gula darah dan tekanan darah yang tinggi, kolesterol tinggi bisa menjadi indikasi bagi penyintas diabetes juga penyakit jantung.

Mengikuti webinar ini memberikan kita informasi penting seputar diabetes namun belum selesai sampai di sini karena webinar ini masih akan berlanjut untuk mengulik bagaimana cara mengolah makanan yang cocok untuk diabetes, waaahh, lengkap banget ini mah. Ga tanggung-tanggung loh, Sun Life mengundang chef Marinka untuk sharing di IG Live dengan tema “Olah Makanan Sehat, Diabetes Lewat” yang dilaksanakan Rabu, 02 Desember 2020 pukul 16.30.

Rangkaian webinar Sun Life ini menyadarkan kita bahwa pandemi mengajarkan banyak hal, yuk mulai intropeksi dan jadikan pola hidup sehat sebagai pilihan. Pelan-pelan kita jaga asupan nutrisi makanan kita juga usahakan untuk olahraga secara teratur, tak lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih dan istirahat yang cukup. Kalian juga bisa saksikan keseruan webinarnya di sini https://www.youtube.com/watch?v=AfKvLS1BeWg

Ada lagi nih saran agar kita bisa menjalani hidup dengan tenang dan nyaman, Sun Life memberikan solusi dengan proteksi asuransi sebagai perlindungan optimal dengan proteksi diri berstandar dunia.

Semoga artikel ini membantu kita untuk menyikapi penyakit diabetes dengan lebih baik. Lindungi diri dan keluarga kita, salam sehat.

Comments